Friday, August 5, 2016

cerpen



17 TAHUN TINGGAL DI KUBURAN
Assalamualaikum wr.wb.
Kisiah ini etah dari mana asal nya ..................dan dari mana datangnya. hee….he….he…..,tapi  mungkin bisa  memberikan kalian motivasi ataupun dorongan untuk lebih baik lagi…..( amin)
Kisah ini menceritakan tentang seorang pemuda yang hidup selama 17 tahun dalam kuburan.kalian mungkin mengira dia tinggal di daerah dekat kuburan.tidak !! dia tidak tinggal di daerah dekat kuburan tapi ia tinggal di kuburan  itu sendiri…
Bagai manakah kisah nya…..?   ok kita langsung aja ke tkp…( ekh …ceritanya )
Di sebuah kota kecil hiduplah seorang pemuda,dia lahir dari keluarga  berada       ( kaya )orang tua nya adalah orang terpandang dimata masyarakat  di kota itu.namu orang-orang hanya bisa melihat atau menilai apa yang dilihat nya saja.orang-orang tidak tahu bahwa kedua orangtua terpandang  inilah yang memasukan anaknya ke dalam kuburan dan menjalani hidupnya selama 17 tahun.
setiap hari sang anak (pemuda) makan,minum dan tidur didalam kuburan yang di penuhi kegelapan.singkat cerita menjelang ulang tahun pemuda tersebut yang ke-17 orang tuanya berjanji akan mengabulkan apapun permintaan si pemuda, sebagai hadiah ulang tahun nya.sang pemuda berfikir inilah saatnya dia akan mengajukan permintaan nya.ia tidak ingin lagi tinggal di kuburan…..
tetapi apakah orangtuanya akan mengabulkan permintaanya itu ?
hari yang di tunggu – tunggu pemuda itu pun tiba, sang pemuda ber ulang tahun yang ke-17 kedua orang tua nya datang menghampirinya dan menanyakan apa yang ia ingin kan. Dan disitu terjadi diskusi antara mereka…
“ ayah dan ibu berjanji ? ujar sang pemuda
“tentu nak, ayah dan ibu mu berjanji akan memenuhi permintaan mu selama kami bias dan mampu”
“ AYAH…..IBU…. SAYA TIDAK INGIN  TINGGAL DI KUBURAN “ ujar sang pemuda dengan nada suara lantang.
“apa? …….Apa maksud permintan mu itu nak ?
“ayah dan ibu sudah berjanji akan mengabulkan permintaan ku kan ! dan hanya itu permintaan ku yah”
“ ya nak ayah dan ibu berjanji….tapi ayah dan ibu mu tidak mengerti apa maksud dari permintaan mu itu nak…..” ujar orang tua anak tersebut dengan raut muka kebingungan.
“ayah dan ibu,sudah 17 tahun aku tinggal disini  tetapi  tidak seharipun aku mendengar dan melihat ayah dan ibu membaca AL-QUR’AN .sedangkan rasulullah pernah mengatakan “ bahwa rumah yang tidak pernah di bacakan ayat-ayat suci AL-QUR’AN di dalam nya seperti KUBURAN “
“ AKU TIDAKINGIN TINGGAL DI KUBURAN yah…..” !!! ujarnya pula
Ayah dan ibu si pemuda itu pun terdiam……
“ayah dan ibu bahkan  tidak pernah mengajariku membaca AL-QUR’AN”
“memang rumah ini mewah,besar dan orang-orang melihatnya sebagai istana, tetapi mereka  tidak tahu bahwa di mata rasulullah rumah ini seperti kuburan”
“jika ayah dan ibu mau menepati janji, mengabulkan permintaan ku,Tolong yah ……aku tidak ingin  lagi tinggal di kuburan  ajarilah aku membaca AL-QUR’AN agar rumah ini penuh dengan cahaya….
Ok……mungkin ceritanya cukup sampai di sini….dan apa yang kalian dapat simpulkan dengan cerita di atas…..
Renungkan lah dimana selama ini kita makan,minum,tidur dan menetap ?
Di rumah kah?
Di kosan kah ?
Di kontrakan kah ? atau kah dikuburan ?
Jadi dimanakah sebenarnya kita tingal saat ini ?.....
Hee,,heee,,,he mungkin hanya sekian dari saya bila ada kata-kata yang kurang pas tolong di maklumi…..sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb



2 comments:

KP.CIPANAYA

1. Letak geografis kampung cipanaya desa Pangsor Kampung Cipanaya terletak di Desa Pangsor  Rt.19.Rw.06,Kecamatan Pagaden Barat, K...